MANAJEMEN PEMASARAN
Lingkup Pemasaran
Pemasaran
Definisi pemasaran terpendek adalah “memenuhi kebutuhan secara menguntungkan”. Asosiasi Pmasarn Amrika menawarkan definisi formal berikut: Pemasarn adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan dan menyebabkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya. Kami melihat manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
Peran pemasaran adalh “ menyerahkan standar hidup yang lebih tinggi”. Disini ada definisi social yang menunjang tujuan kita: Pemasaran suatu proses social yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri.
Pertukaran dan Transaksi
Seseorang bisa mendapatkan sebuah produk dengan salah satu dari empat cara:
Menghasilakan seniri produk atau jasa, seperti ketika seseorang berburu, mencari ikan, atau mengumpulkan buah-buahan.
Menggunakan kekuatan otot untuk mendapatkan sebuah produk, seperti dalam sebuah perampokan dan pencurian.
Mngemis, seperti yang terjadi ketika seorang gelandangan memeinta makanan.
Menawarkan sebuah produk atau jasa, atau uang mndapatkan sesuatu yang diinginkan.
Pertukaran, yang merupakan konsep inti dari pemasaran, mencakup perolehan produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Supaya muncul potensi pertukaran, lima persyaratan berikut harus dipenuhi:
Sekurang-kurangnya ada dua pihak.
Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin bernilai bagi pihak lain.
Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan menyerahkan sesuatu.
Masing-masing pihak bebas untuk menerima atau menolak tawaran pertukaran.
Masing-masing pihak yakin bahwa bertransaksi dengan pihak lain merupakan hal yang tepat dan dinginkan.
Pertukaran adalah proses penciptaan nilai karena pada dasarnya memungkinkan keadaan kedua pihak menjadi lebih baik.
Pemasaran
Orang pemasarn terlibat dalam memasarkan 10 jenis entitas yang berbeda: Barang, jasa, acara khusus(event), pengalaman, orang, tempat, property, organisasi, informasi, dan gagasan. Pemasar adalah seseorang yang mencari tanggapan (perhatian, pembelian, suara, donasi) dari pihak lain, yang isebut prospek. Ada delapan kemungkinan status permintaan:
Permintaan negative – Komsumen tidak menyukai produk dan bahkan mungkin membayar satu harga untuk menghindarinya.
Permintaan noneksiten – Konsumen mungkin tidak sadar atau tidak tertarik pada produk.
Permintaan laten – Komsumen bisa berbagi kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh sebuah produk yang ada.
Menurunkan permintaan – Konsumen mulai tidak terlalu sering atau sama sekali tidak membeli produk.
Permintaan tidak teratur – Pembelian konsumen bervariasi berdasarkan musim, bulan, minggu, hari, atau bahkan jam.
Permintaan penuh – Komsumen secar memadai membeli semua produk yang ditempatkan dipasar.
Prmintaan berlebihan – Konsumen yang ingin membeli produk lebih banyak daripada yang dipuaskan.
Permintaan tidak menyeluruh – Konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi social yang tidak diinginkan.
Pasar adalah tempat fisik dimana para pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang.
Orientasi Perusahaan ke Arah Tempat Pasar
Konsep - konsep yang bersaing yang telah digunakan organisasi pada kegiatan pemasaran mencakup:
Konsep Produksi
Konsep produksi adalah salah satu dari konsep tertua dalam bisnis. Konsep itu menegaskan bahwa konsumen akan memilih produk yang tesedia dimana – mana murah.
Konsep Produk
Konsep produk menyatakan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk – produk yang menawarkan fitur – fitur paling bermutu, berprestasi, atau inovatif. Para manjer dalam organisasi ini berfokus pada membuat produk yang superior dan meningkatkannya sepanjang waktu.
Konsep Penjualan
Konsep penjualan menyatakan bahwa kosumen dan bisnis, jika ditinggalkan sendiri, biasanya tidak akan membeli cukup banyak produ – produk organisasi. Oleh karena itu, organisasi harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.
Konsep Pemasaran Holistik
Perusahaan membutuhkan pemikiran segar tentang bagaimana berorientasi dan bersaing dalam lingkungan pemasaran baru. Para pemasar dalam abad ke-duapuluh satu semakin menyadari kebutuhan untuk memiliki satu pendekatan kohefis yang lebih lengkap yang melampui aplikasi tradisional atas konsep pemasaran.Empat komponen dari pemasaran holistik:
Pemasaran Relasi à Pemasaran relasi mempunyai tujuan membangun hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan pihak – pihak yang memiliki kepentingan utama-pelanggan, pemasok, distributor-dalam rangka mendapatkan serta mempertahankan preferensi dan kelangsungan bisnis jangka panjang mereka.
Pemasaran Terpadu à Tugas pemasaran adalah kegiatan pemasaran dan merakit program pemasaran yang sepenuhnya terpadu untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai bagi konsumen. Program pemasaran terdiri dari sejumlah keputusan tentang kegiatan pemasaran yang meningkatkan nilai untuk digunakan.
Pemasaran Internal à Tugas pemasaran internal adalah merekrut, melatih, dan memotivasi karyawan yang mampu untuk melanyani pelanggan dengan baik. Pmasaran internal harus berlangsung pada dua level. Paa level satu, berbagai fungsi pemasaran-layanan pelanggan, manajemen produk, riset pamasaran-harus bekerja bersama. Pada level lain, pemasaran harus dirangkul oleh departemen lain. Mereka juga harus ”memikirkan pelanggan”. Pemasaran bukan satu departemen yang menjadi orientasi perusahaan.
Pemasaran yang bertanggung jawab sosial à Sebab dan efek dari pemasaran jelas merentang melampaui perusahaan dan konsumen mencapai masyarakat sebagai keseluruhan. Tanggung jawab sosial juga mnuntu para pemasar untuk secara cermat mempertimbangkan peran yang dapat mereka mainkan dari segi kesejahteraan sosial.
Pemasaran dan Nilai Pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar